Sunday 9 May 2010

One Piece = Friendship, One Piece of an upstanding heart

"Nakama, daro?!" [Kita ini teman, kan?!] - Luffy
"Itsuka mata aetara, mou ichidou Nakama to yondekuremasuka?" [Kelak jika bisa bertemu lagi, maukah sekali lagi memanggilku sahabat?] - Vivi


Makna apa saja yang terkandung dalam One Piece? Mungkin kedengaran klise, namun sekali lagi manga ini menekankan betapa berharganya suatu persahabatan. Luffy, Zoro, Nami, Usopp, Sanji, Chopper, Robin, Franky, dan Brook memiliki sifat dan latar belakang yang jauh berbeda. Namun itu semua tidak menghalangi mereka untuk menjalin ikatan persahabatan yang luar biasa kuat.

Saling menerima dan mempercayai, kegembiraan dan kesedihan yang ditanggung bersama, adakah persahabatan yang lebih indah dari itu?
Ditengah-tengah dunia yang seolah sedang dilanda gelombang kebencian dan nafsu ingin memiliki satu sama lain ini, Luffy dkk seolah mengajarkan bahwa andai kita mau berusaha, tidak mustahil akan tercipta dunia baru yang dihangati oleh persahabatan yang tulus.

Sekarang semuanya tergantung kita, apakah kita bersedia meminimalisir semua prasangka buruk yang bersemayam dalam hati dan belajar untuk menerima orang lain apa adanya demi terciptanya dunia itu?
Mungkin secara tidak sadar, inilah salah satu faktor mengapa One Piece begitu melekat di hati pembacanya, yaitu karena jauh di dalam lubuk hati, kita merindukan kehadiran seorang sahabat yang dapat menerima [dan mempercayai] kita secara seutuhnya. Lengkap dengan segala kebaikan dan keburukan kita..

"Ada 2 hal yang paling dibenci Luffy, yaitu jika ada yang berani mengambil topi jeraminya dan siapapun yang berani melukai sahabat-sahabatnya!"

No comments:

Post a Comment

Zahra

thank you thank you for making my day full of love i cant help but realize that i even live in your room now my mind never been here with me...