Saturday 4 May 2019

Tafsir One Piece Ch. 816

Gelar "teman" dinobatkan sebagai nilai lebih yang ada pada hubungan seseorang terhadap kita.

Kelebihan tersebut bisa ada di 1) atribut atau kepemilikan eksternal seseorang, atau 2) internal, karakter individunya sendiri. Keduanya punya manfaat: politis dan kebahagian jiwa. Yang kedua, bisa berkembang lebih jauh sampai mengetuk nurani yang cinta pada kesempurnaan. Fenomena ini sering dijadikan katrol oleh orang yang terpana akal dan hatinya untuk memanfaatkan lingkungan karakter indah demi mencemari dirinya sendiri. Bagi mereka yang terlatih jujur pada diri sendiri, datangnya sosok kedua akan disambut dengan suka cita dan loyalitas dewa.



Kerajaan Samurai Wano Kuni (termasuk petinggi suku Mink) melihat kehormatan dan jiwa besar dalam diri Whitebeard dan Roger. Itu yang membuat mereka sampai tak tanggung menabrak tabu bangsa untuk ikut berlayar di kapal bajak laut--karena "teman" membutuhkan keterampilan mereka.

Panjang cerita, Lord Oden si penguasa Wano Kuni makin terikat dengan ketertarikan hati pada karakter seperti Roger. Loyalitas menumpuk dan dipamerkan dengan menjaga rahasianya dari tangan kotor yang serakah. Oden mengubur rahasia harta Roger bersama kematiannya dalam sebuah interogasi sadis oleh Kaido, Kaisar Bajak Laut.



Pengorbanan Oden yang begitu besar tak mungkin diambil tanpa kemilau Roger sebagai seorang teman yang begitu dihormatinya. Hal yang sama dilakulan oleh suku Mink. Peradaban ribuan tahun dijual pada kehancuran lantaran "teman" mereka, utusan kerajaan Wano Kuni diburu oleh musuh yang juga menghancurkan kerajaan Wano Kuni. "Meski pun negara kami harus musnah, kami takkan menyerahkan satupun kawan pada musuh," kata Nekomamushi raja malam suku Mink.

Siapa Roger? Siapa Whitebeard? Siapa Oden raja Wano Kuni?

Merekalah yang berpesta di bibir pantai bersama penduduk asli pulau yang disambangi. Merekalah yang memotong jalur pelayaran ketika terpanggil seruan teman. Merekalah yang mengambil segala konsekuensi menjadi bajak laut agar teman, bisa merasa aman di bawah bendera besarnya. Mereka yang tak memulai perang, kecuali membela diri. Mereka yang tidak merasa bebas tanpa kebebasan orang yang ditindas. Mereka yang mengobati orang sakit di pinggir jalan pelayaran, tanpa kenal nama kenal siapa. Mereka, membawa kehormatan, harga diri dan persahabatan pada tuan rumah.

"Ia mampu merubah siapapun yang ditemuinya menjadi sekutu. Dan itu adalah kekuatan paling mengerikan di dunia." Ucap Dracule Mihawk.



#tafsironepiece #minks #wanokuni

No comments:

Post a Comment

Zahra

thank you thank you for making my day full of love i cant help but realize that i even live in your room now my mind never been here with me...